Minggu, September 26, 2021
Beranda Daerah Wujud Kecintaan Jadi Jurnalis, Sharing Jurnalistik Goes to School Di Gelar Komunitas...

Wujud Kecintaan Jadi Jurnalis, Sharing Jurnalistik Goes to School Di Gelar Komunitas Jurnalis Lamongan

Berdikaripos.com | Lamongan – Wujud kepedulian terhadap pengembangan literasi di Kabupaten Lamongan, Komunitas Jurnalis Lamongan (KJL) menggelar program sharing jurnalistik Goes to School. Kegiatan yang dilakukan pertama kali ini diselenggarakan di MA Sunan Drajad Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.

Menurut perwakilan Komunitas Jurnalis Lamongan, Achmad Bisri menyampaikan program berupa Safari Jurnalistik ini tidak hanya diadakan di MA Sunan Drajad saja nantinya juga akan diadakan ke sekolah – sekolah disekitar Kabupaten Lamongan termasuk pesantren dan kampus.

Selain itu juga untuk meningkatkan budaya literasi kepada para siswa serta menumbuhkan regenerasi wartawan atau jurnalis di Lamongan sekaligus merupakan konsep untuk mewujudkan kecerdasan multi dimensional yang berkarakter di era milenial.

“Kami menyasar kalangan milenial karena mereka merupakan ujung tombak literasi dan penguatan karakter siswa dalam bersosial media, kedepan rencananya kami juga akan mengadakan sharing jurnalistik di sekolah lain, pesantren maupun kampus,” ujar pria yang juga sebagai jurnalis di Jatimpos.co, Rabu (31/03/2021).

Program Sharing Jurnalistik Goes to School di MA Sunan Drajad Kecamatan Sugio ini para siswa diberikan materi seputar teknik dasar jurnalistik, teknik wawancara dan juga teknik mengambil gambar atau foto yang baik dibuat berita.

“Selain harus memperhatikan unsur penting dalam membuat berita yakni 5W+1H, dan memahami teknik wawancara yang baik. Wartawan atau jurnalis juga wajib memahami teknik mengambil gambar atau foto yang baik untuk menunjang isi beritanya,” ujar David Kabiro Lamongan dari Kabar1news.com saat memberikan materi seputar teknik mengambil gambar atau foto.

Kegiatan ini semakin lengkap dengan adanya Pembahasan tentang bagaimana Teknik dan tekhnis wawancara yang baik oleh Kawan media Suaraairlangga.com, ” wawancara kepada narasumber adalah point utama sebelum menulis sebuah kerangka berita dan memperkuat tentang kekuatan tulisan dari sebuah berita yang di suguhkan oleh seorang jurnalis”, ujar Idris saat Menjadi narasumber.

Sementara itu, Kepala MA Sunan Drajad Sugio Suprayitno, Mpd sangat mengapresiasi program Komunitas Jurnalis Lamongan yang peduli terhadap literasi dan pendidikan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman Komunitas Jurnalis Lamongan yang sudah memberikan materi keilmuan seputar jurnalistik secara Gratis bagi para siswa, sekaligus sangat bangga karena MASDA menjadi tempat acara sharing jurnalistik Goes to school yang Pertama kalinya,” kata Suprayitno.(red)

RELATED ARTICLES

Populer

Komunitas Football Traveler Jalin Silaturahmi Lewat Sepakbola

Berdikaripos.com | Lamongan - Gaya baru bermain bola sembari traveling pun diyakini dapat menjadi pilihan bagi pecinta sepak bola yang suka berpergian sambil olahraga....
error: Content is protected !!