Selasa, Oktober 26, 2021
Beranda Agro Sektor Terus Upayakan Kemandirian Warga Binaan, Lapas Kelas II B Lamongan Maksimalkan Pembinaan...

Terus Upayakan Kemandirian Warga Binaan, Lapas Kelas II B Lamongan Maksimalkan Pembinaan Melalui Berbagai Ketrampilan

Berdikaripos.com | Lamongan – Pembinaan dalam bidang kemandirian dan keterampilan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dilakukan dengan tujuan setelah keluar dari Lapas, mereka dapat mandiri dengan bekerja pada orang lain atau membuka usaha sendiri, sehingga mereka dapat berguna di tengah-tengah masyarakat. Pembinaan kemandirian yang dilakukan berupa Pelatihan mebel, pelatihan pengelasan, dan juga pelatihan keterampilan Lainnya.

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan rakyatnya, begitu juga dengan mereka yang menjadi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lamongan, warga binaan masih merdeka untuk mengekspresikan bakatnya.

Kegiatan Pembinaan Kemandirian tersebut langsung di monitoring oleh Kepala Lapas Kelas IIB, Kepala Seksi Pembinaan Napi/Warga Binaan dan Kegiatan Kerja, Kepala Subseksi Bimbingan Kerja dan Pengelolaan Hasil Kerja, Jajaran Giatja dan Pelatihan ini dibimbing oleh instruktur ahli dari rekanan Lapas II B Lamongan.

Kepala Lapas II B Lamongan, Supriyana, Bc.I.P, dalam keterangannya menyampaikan, “Sebelum mengikuti pelatihan, instruktur memberi pengarahan tentang keselamatan kerja dengan tetap menjaga protokol kesehatan, juga jajaran kita tetap melakukan pengawasan, arahan maupun bimbingan kepada setiap WBP yang mengikuti kegiatan pelatihan,” jelas supriyana.

Kegiatan Pembinaan Kemandirian yang ada di Lapas IIB Lamongan :
– Hidroponic
– Meubeler
– Pengelasan
– Miniatur dari Koran Bekas

Kegiatan Pembinaan Kepribadian untuk warga binaan :
– Sholat Berjamaah
– Sholat Dluha
– Mengaji Iqra – Alqur’an
– Pengajian Jumat Pahing
– Kejar Paket C

“Pelatihan kemandirian ini diikuti oleh 40 orang warga binaan yang mana nanti nya akan ada 4 paket pelatihan setiap paket terdiri dari kurang lebih 10 orang warga binaan Pengawasan Petugas Bimker, peserta pelatihan sangat bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan ini, kegiatan pembinaan kemandirian ini berjalan dengan lancar, aman, dan tertib,” tutup kalapas.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Humas Lapas II B Lamongan, Achmad Agus Amin menuturkan, ” Kalau kepribadian wajib semua, karena ada absensi untuk raport penilaian, sedangkan untuk kemandirian sesuai kompetensi,” ungkap Agus.

“Disini kita juga menyediakan fasilitas video call untuk warga binaan yang ingin memberikan kabar kepada keluarganya di rumah, atau sekedar kangen, semua fasilitas video call tidak dipungut biaya (gratis),” imbuh Agus menerangkan.

Pada Pelatihan Keterampilan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan akan di Uji Kemampuan dan Kompetensi yang dimiliki, sehingga Warga Binaan selain memiliki pengetahuan dan keterampilan, output yang dimiliki oleh WBP dapat diterapkan saat mereka sudah keluar dari Lapas Lamongan. (KJL, Redaksi)

RELATED ARTICLES

Populer

Semarakkan HDKD 2021 Lapas Lamongan Berikan Layanan Menggunakan Baju Adat

Berdikaripos.com | Lamongan - Dalam rangkaian acara Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021 seluruh UPT Jawa Timur mendapatkan arahan Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur untuk...
error: Content is protected !!