Kamis, Juni 17, 2021
Beranda Agro Sektor Riset Kelapa Kopyor Yang Membanggakan

Riset Kelapa Kopyor Yang Membanggakan

Berdikaripos.com | Lamongan – Rasanya manis, Daging buahnya agak krispi, tidak lembek seperti kelapa muda Dan yang pasti menyegarkan jika di buat es, demikian saat merasakan olahan buah kelapa kopyor ini.

Usia pohon kelapa sekitar 4 tahun, tetapi tingginya kurang dari 2 meter. Sehingga untuk memanennya, tidak perlu memanjat, cukup dengan berdiri dan langsung mengambil buahnya. Buahnya lebih kecil jika dibandingkan dengan buah kelapa umumnya, Warna kulit kelapanya hijau.

Dari bibit sampai berbuah membutuhkan waktu sekitar 3-4 tahun. Tetapi biasanya, pada panen perdana di tahun yang ke 3, yang dapat diambil hanya 4-5 butir kelapa. Namun, kalau sudah tahun ke 4 masa pertumbuhan, maka satu tandan bisa berisi 15-20 butir kelapa, Semuanya asli kopyor dari dalam. Setiap bulan satu pohon kelapa bisa panen antara 15-20 butir, bahkan metode yang digunakan Agro Kedai Kopyor Lamongan terangnya buah tersebut bisa dipanen setiap harinya nanti.

Pioner Pertama kali Petani Kelapa Kopyor Asli ini dikembangkan oleh Rozikin di tanah Lamongan, Rozikin juga dikenal sebagai ketua salah Asosiasi UMKM Di Lamongan yaitu PMKM Prima indonesia DPC. Kabupaten Lamongan.

Sejak 1 tahun lalu Rozikin belajar pada temannya bernama anto, dia Bercerita Sebelum memulai untuk menanam dan kembangkan kelapa kopyor asli ini di kabupaten lamongan, dia pastikan dengan memulai proses belajar dahulu dari temen-temen Jogja Sleman. disana dia belajar tentang Pohon Kelapa Kopyor, bagaimana tentang tanaman kelapa kopyor itu mulai masa tanam sampai panennya, sampai ketika sudah berbuah dan penjualannya nantinya.

“Di Jogja sleman, sahabat anto berikan cerita pengalamannya pada saya, tentang bagaimana cara menanam yang baik hingga masa panen, mengolah buah nya, bahkan sampai konsep pemasarannya ketika orang-orang yang telah membeli bibit buah Kelapa ini tentang prospek bisnis kelapa kopyor kedepannya. Penelusurannya tidak sampai di situ saja, kemudian saya di sambungkan sama temen-temen Petani Kelapa Kopyor yang di daerah Pati Jawa tengah”, katanya.

Rozikin takjub saat melihat langsung para petani Pati Jawa Tengah, saat survey di kebun Kelapa kopyor tersebut. Dirinya menceritakan saat itu, yang luar biasa adalah hampir satu Desa semua warganya menanam kelapa kopyor dan itu mata pencaharian utama kehidupan mereka.

“Setelah belajar rutin selama 3 bulan lamanya saya bolak balik lamongan – jawa Tengah, saya langsung mempunyai itikad untuk membangun kedai kopyor Asli yang baru satu-satunya ada di Lamongan ini, sejak bulan April 2020 kedai kopyor Lamongan berdiri sembari berkebun menanam pohon kelapa kopyor aslinya di lahan. Disini, desa Sumberwudi, Kecamatan karanggeneng, Kabupaten Lamongan semua bisa belajar perkopyoran, beli bibitnya dan tukar pikiran bersama”, ungkapnya.

Mengulas sedikit Sejarah tentang Kelapa kopyor ini sedikit dikutip dari laman mongabay.co.id ; Bahwa Kelapa Kopyor Asli ini adalah Tanaman pohon kelapa varietas Baru yang dikembangkan Seorang ahli biologi dari UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto) bernama Doktor Sisunandar, Sang Doktor Ahli Biologi itu telah bergelut dengan penelitian kelapa sejak tahun 2004 atau 17 tahun silam.

Ternyata pembibitannya harus melalui proses di laboratorium yakni lewat kultur jaringan (tissue culture). Namun, untuk sampai seperti sekarang, proses risetnya cukup panjang sampai 4 tahun lamanya.

Kilas balik, Riset semakin mendalam ketika Sisunandar menempuh pendidikan doktoralnya di University of Queensland, Australia tahun 2008. Dengan Risetnya berjudul Cryopreservation fot germplasm conservation of coconut (Cocos rucifera L) kala itu. Sekembalinya dari Australia dan sudah bergelar doktor bidang biologi sel dan bioteknologi tumbuhan, sisunandar semakin bersemangat mengembangkan penelitian pembibitan kelapa kopyor melalui kultur jaringan.

Pada 2012 atau 4 tahun penelitian sejak 2008, Sisunandar mulai mendapatkan hasil yang memuaskan. Ia mampu membibitkan kelapa kopyor melalui kultur jaringan. Dia mengkultur embrio dengan tehnik. (Yon, Red)

RELATED ARTICLES

Populer

Tindaklanjuti Instruksi Presiden, Kapolri : Tindak Tegas Aksi Premanisme

Berdikaripos.comĀ | Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menginstruksikan agar jajarannya menindak tegas aksi premanisme maupun pungli yang meresahkan masyarakat. Hal...