Perjalanan Hidup yang Penuh Makna Bersama PMI

Perjalanan Hidup yang Penuh Makna Bersama PMI

Berdikaripos.com – Saya adalah seorang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) sejak 30 tahun lalu. Saya bergabung dengan Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Universitas Jember (Unej). KSR PMI Unit Unej, diawali dengan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Perdana, yang panitianya adalah Pramuka Unej kala itu.

Bersyukur kehadirat Allah SWT menunjukkan jalan bahwa melalui PMI, saya belajar banyak hal. Tidak hanya berguna untuk masa depan saya, tetapi juga untuk kehidupan saya hingga saat ini. Saya belajar tentang prinsip-prinsip kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan. Prinsip-prinsip ini telah membentuk pola pikir saya menjadi lebih empatik, toleran, dan mandiri.

PMI juga memberikan kesempatan saya untuk berpikir dan berkarya dalam berbagai bidang. Saya aktif dalam kegiatan akademis, pengabdian masyarakat, dan bahkan religius. Saya juga berkesempatan untuk meraih tiga sukses yang diajarkan oleh pembina saya. Yaitu sukses akademis, sukses organisasi, dan sukses cari jodoh.

Berkat PMI, saya memiliki pengalaman yang sangat berharga, lengkap dalam menghadapi berbagai situasi, kondisi hingga berbagai level birokrasi, dari petugas koperasi, bupati hingga menteri.

Saya pernah menjadi relawan pasca tsunami Banyuwangi, menang invitasi PPPK tingkat nasional, kuliah kerja nyata di daerah konflik, terjun langsung ke lokasi bencana, menyelenggarakan kegiatan nasional, piket ambulans operasi lilin, dan penugasan piket P3K.

Pengalaman-pengalaman ini telah membentuk saya menjadi pribadi yang tangguh dan mampu bertahan hidup dalam berbagai situasi.

Walaupun saat ini saya tidak lagi berorganisasi secara formal di PMI, saya masih berkontribusi untuk masyarakat lewat PMI. Saya masih aktif dalam kegiatan kemanusiaan, seperti donor darah Apheresis dan bakti sosial. Saya juga selalu siap untuk membantu PMI jika dibutuhkan.

Saya bersyukur telah menjadi bagian dari keluarga besar PMI. PMI telah memberikan banyak hal yang berharga bagi saya. PMI telah menjadi bagian dari perjalanan hidup saya yang penuh makna.

Terima kasih Palang Merah Indonesia, terima kasih KSR PMI Unit Unej.

Dirgahayu KSR PMI Unit Unej
(Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Jember)

Selamat Ulang Tahun ke 30
12 September 1993-2023
Oleh Dian Putra, Ketum KSR PMI Unit Unej Periode 1996-1997

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *