Jumat, Juni 25, 2021
Beranda Anak Pendidikan Karakter Anak sejak Dini, berikut Kunci 3 Kata ajaibnya

Pendidikan Karakter Anak sejak Dini, berikut Kunci 3 Kata ajaibnya

Seberapa penting Ayah Bunda mengajarkan 3 kata ajaib kepada anak?

Apa saja 3 kata ajaib itu Ayah Bunda? Yaa betul, 3 kata tersebut adalah Tolong, Minta Maaf, dan Terima kasih.

Setiap orang tua pasti ingin agar anaknya mempunyai tata krama yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain, iya kan Ayah Bunda?

Anak itu ibarat benih pohon. Meskipun dari benih berkualitas akan tetapi ia tidak akan tumbuh sempurna jika ditanam di lahan yang tandus.

3 kata “maaf, tolong, dan terimakasih” merupakan kata ajaib yang dapat membentuk karakter anak menciptakan sikap yang positif dalam bergaul dengan sesama.

Kata MAAF, begitu penting diajarkan sejak dini karena dengan mengucapkan kata maaf dapat membuat anak menyadari bahwa dia telah melakukan kesalahan, mengucapkan kata maaf juga mengajarkan anak untuk mengendalikan ego dan emosinya.

Mengajarkan anak mengucapkan kata TOLONG mampu mengajarkan anak untuk bersikap sopan ketika ingin meminta bantuan, dengan mengucapkan kata tolong anak akan membuat orang lain dengan senang hati akan menolong kita.

Terbiasa mengucapkan TERIMA KASIH mampu mengajarkan anak untuk menghargai dan mensyukuri usaha dan pemberian dari orang lain. Dalam sabda Nabi SAW yang berbunyi :
مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ
Barang siapa tidak berterima kasih kepada manusia, dia tidak berterima kasih kepada Allah (HR. Ahmad)

Dalam hadits tersebut menjelaskan kepada kita bahwa berterima kasih merupakan perintah yang telah dicontohkan oleh Nabi SAW.

Tips mengajarkan kata “ajaib” pada si kecil

Beri motivasii pada si buah hati untuk mempelajarinya

Sampaikan pada si buah hati bahwa Ayah Bunda dan juga orang lain akan merasa senang dan tersenyum saat si buah hati mengatakan 3 kata ajaib tersebut.

Jelaskan pengertian dari setiap kata, dan ajarkan dengan cara yang menyenangkan.

Ayah Bunda dapat mengajarkan anak lewat lagu atau membacakan cerita-cerita yang mengajarkan tata krama dan kesopanan.

Gunakan dalam keseharian

Dengan memberi contoh dalam keseharian, si kecil akan terbiasa mendengarnya dan dengan secara tidak sadar si kecil akan meniru.

Dukung si kecil dalam menerapkannya

Ayah Bunda dapat menerapkan pada hal-hal kecil seperti, apabila anak mengajak berinteraksi tetapi Ayah Bunda masih sibuk jangan lupa bilang “Maaf ya sayang Ayah Bunda masih………tunggu sebentar ya dek” jangan lupa sambil di peluk biar anak merasa tidak terabaikan, kemudian Ayah Bunda juga dapat melibatkan si kecil dalam persiapan sekolahnya,seperti contoh Ayah Bunda bisa bilang ke anak “Adek, tolong ambil tasnya untuk sekolah ya” Kemudian apabila anak sudah melakukannya jangan lupa di apresiasi dengan mengucapkan “Terimakasih dek, ayo berangkat sekolah”.

Jangan lupa berikan pujian kepada si kecil

Masa kanak-kanak merupakan masa untuk belajar tentang apresiasi. Jadi Ayah Bunda pun harus memberi pujian saat anak mampu menunjukkan perilaku yang baik, dengan demikian ketika dewasa si buah hati akan menjadi pribadi yang supel dan ramah karena dapat mengapresiasi kerja keras teman temannya.

Untuk itu penting sekali mengajarkan kata “tolong, maaf, dan terimakasih” kepada anak sejak dini. Walaupun membutuhkan waktu dan tidak bisa secara instan mengajari 3 kata ajaib tersebut kepada anak, namun Ayah Bunda harus tetap konsisten dalam mengajarkannya karena 3 kata ajaib tersebut pasti akan sangat berguna bagi kehidupan anak sampai dia dewasa kelak. (***)

RELATED ARTICLES

Populer