Selasa, Oktober 26, 2021
Beranda Daerah Pelaksanaan Ujian Tulis Perangkat Desa Di Desa Sambangan Pertama Kali Dilaksanakan Di...

Pelaksanaan Ujian Tulis Perangkat Desa Di Desa Sambangan Pertama Kali Dilaksanakan Di Kecamatan Babat Secara Penjaringan

Berdikaripos.com | Lamongan – Kekosongan perangkat desa memang sangat berdampak pada roda pemerintahan desa, hal ini mengharuskan pihak desa untuk melaksanakan ujian perangkat, baik dengan sistem mutasi ataupun penjaringan. Kali ini ujian perangkat desa yang dilaksanakan di Desa Sambangan Kecamatan Babat, Kamis (14/10/2021). Bertempat di balai desa Sambangan, kekosongan jabatan Kaur Keuangan yang sudah 4 tahun yakni dari tahun 2017 sampai sekarang dipegang serta dikelola oleh Kasi Pemerintahan. Pelaksanaan ujian perangkat di Desa Sambangan merupakan ujian perangkat pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Babat secara penjaringan.

Kegiatan pelaksanaan ujian tulis perangkat desa ini, dihadiri oleh muspika Kecamatan Babat, yakni Johny Indrianto Firmansyah, S.STP, M,SI (Camat Babat), AKP Dhany Rahardian Basuki, S. Kom, S.I.K (Kapolsek Babat), Serma Abdl Khodir (Bhabinsa), Hj. Sulistyowati, S.Pd (Kepala Desa Sambangan), Nurul Yakin (Kasi Pemerintahan Kecamatan Babat), Serta Ketua Panitia Harmuji.

Ujian perangkat untuk mengisi kekosongan jabatan Kaur Keuangan Desa Sambangan, dilaksanakan secara penjaringan. Pendaftaran calon perangkat desa dibuka dengan sosialisasi yang dilaksanankan pada bulan September 2021, mendapati 2 calon untuk menjabat sebagai Kaur Keuangan, yakni Kiviyah Handasari, Amd. Keb dan Lucky Hendra Ermawan, S. IP.

Setelah melaksanakan ujian tulis yang berlangsung sekitar kurang lebih 5 jam diperoleh penilaian dari 2 calon perangkat desa Kaur Keuangan, yakni sebagai berikut :

1. Kiviyah Handasari, Amd. Keb
– Pancasila dan UUD 45 :  100
– Pemerintahan desa : 100
– Pengetahuan agama : 98
– Administrasi Perkantoran : 100
– Pengetahuan umum : 90
– Komputer / TI : 100
– Jumlah : 588
– Nilai rata-rata : 98

2. Lucky Hendra Ermawan, S.IP
– Pancasila dan UUD 45 : 48
– Pemerintahan desa :  80
– Pengetahuan agama : 64
– Administrasi Perkantoran : 72
– Pengetahuan umum : 56
– Komputer / TI : 58
– Jumlah : 378
– Nilai rata-rata : 63

Dari hasil ujian tulis perangkat desa di atas, telah memenuhi syarat dan dinyatakan lulus adalah Kiviyah Handasari, Amd. Keb dengan total jumlah nilai sebesar 588 dengan nilai rata-rata 98.

Camat Babat (Johny Indrianto Firmansyah, SSTP, M. SI) dalam sambutannya menuturkan, “Jabatan Kaur Keuangan memang sangat penting di dalam struktural pemerintahan desa juga mempunyai tanggung jawab besar dalam mengelola keuangan desa,” tutur Camat yang pernah menjabat di Kecamatan Karangbinangun ini.

Sedangkan Kepala Desa Sambangan (Sulistyowati) berpesan kepada perangkat desa (Kaur Keuangan) yang terpilih, “Menjadi perangkat desa terlebih dengan jabatan Kaur Keuangan, harus bisa mengelola keuangan desa dengan baik, yang terpenting adalah selalu amanah,” ucap Kades.

Ketua BPD Desa Sambangan (Tamyis) juga ikut memberikan masukan, “Bekerjalah dengan tupoksi (tugas, pokok dan fungsi) sesuai aturan, karena tugas BPD adalah mengawasi kinerja aparatur desa, mungkin secara lahiriah kita saudara, tetapi secara profesionalisme pekerjaan, mari kita jadikan Desa Sambangan lebih maju dan lebih baik lagi,” tutup Tamyis. (Redaksi)

RELATED ARTICLES

Populer

Semarakkan HDKD 2021 Lapas Lamongan Berikan Layanan Menggunakan Baju Adat

Berdikaripos.com | Lamongan - Dalam rangkaian acara Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021 seluruh UPT Jawa Timur mendapatkan arahan Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur untuk...
error: Content is protected !!