Selasa, Oktober 26, 2021
Beranda Daerah Oknum TKSK Kecamatan Ngimbang Diduga Tilep Bantuan BPNT

Oknum TKSK Kecamatan Ngimbang Diduga Tilep Bantuan BPNT

Berdikaripos.com | Lamongan – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) adalah seseorang yang diberi tugas, fungsi, dan kewenangan oleh Kementerian Sosial, Dinas Sosial daerah provinsi, dan/atau Dinas Sosial daerah Kabupaten/Kota untuk membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial sesuai lingkup wilayah penugasan di Kecamatan.

Berbeda dengan oknum TKSK berinisial Mjk yang diberi amanat yakni dipercayakan untuk mengkoordinir bantuan sosial BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) di Desa Ganggangtingan Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Oknum TKSK tersebut diduga tilep bantuan BPNT yang seharusnya untuk warga Desa Ganggangtingan yang layak mendapatkan bantuan tersebut.

Oknum TKSK (Mjk)

Pasalnya buku rekening berikut ATM nya dari bantuan sosial BPNT sejak bulan Mei 2021 hingga Jum’at (01/10/2021) baru dikembalikan oleh oknum TKSK berinisial Mjk tersebut.

Sth (salah satu warga Desa Ganggangtingan) saat dikonfirmasi mengenai bantuan BPNT menjelaskan, “Seingat saya bulan 5 waktu puasa Mjk mengambil buku rekening sama ATM nya ke rumah saya, bukan Pak Kades yang ngambil, tapi Mjk sendiri yang mengambil dengan alasan akan mengurus rekening yang terblokir, nyatanya sampai Jum’at sore kemarin tidak ada titik terangnya, bahkan informasi kapan cairnya bantuan sosial BPNT pun kami tidak tahu, kami ini orang kecil mas tidak paham dengan hal-hal seperti ini, bahkan Mjk membodohi kami pun tidak tahu,” ujar Sth kepada Jurnalis di lapangan.

Sedangkan si penerima BPNT lain, berinisial St, juga menjelaskan, “Kemarin Jum’at sore (01/10/2021, buku rekening berikut ATM nya dikembalikan ke rumah saya mas oleh Mjk, dan saya dikasih uang Rp. 200.000,-  oleh Mjk, saat saya lihat, kok buku masih kosong, apa gak ada saldonya” terang St saat dikonfirmasi di rumahnya.

Tim Jurnalis juga mengkonfirmasi kepada salah satu pihak Bank yang wewenang untuk menyalurkan bantuan sosial BPNT, bahwasanya bantuan sosial dari bulan Mei sampai Agustus telah dicairkan.

“Sejak bulan Mei sampai Agustus telah kami realisasikan kepada seluruh warga Desa Ganggangtingan Kecamatan Ngimbang yang menerima BPNT tersebut, bisa di check melalui resi bukti transferan kami,” ujar salah satu pihak Bank yang tidak mau disebut namanya.

Kepala Desa Ganggangtingan (Priadi), saat dikonfirmasi di kediamannya, Sabtu (02/10/2021), terkait hal ini, menjelaskan, “Kemarin pihak Dinas Sosial sudah turun ke lapangan, langsung saya suruh kroscek ke rumah warga yang mendapat bantuan sosial BPNT tersebut, biar tahu secara langsung kondisi yang bersangkutan, biar tidak salah persepsi. Sebelumnya Mjk juga pernah menyuruh saya untuk menghapus nama-nama warga yang mendapat bantuan sosial, dengan alasan Mjk warga yang mendapat bantuan sosial sudah tergolong orang mampu, akan tetapi tidak saya hiraukan,” terang Kepala Desa periode 2019-2024 ini.

Mjk sendiri saat dikonfirmasi via WhatsApps tidak merespon bahkan terkesan apatis terhadap Jurnalis.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada itikad baik dari Mjk untuk mengklarifikasi terkait bantuan sosial BPNT Desa Ganggangtingan yang diduga ditilep oleh oknum TKSK berinsial Mjk tersebut. (Har, Redaksi)

RELATED ARTICLES

Populer

Semarakkan HDKD 2021 Lapas Lamongan Berikan Layanan Menggunakan Baju Adat

Berdikaripos.com | Lamongan - Dalam rangkaian acara Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021 seluruh UPT Jawa Timur mendapatkan arahan Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur untuk...
error: Content is protected !!