Selasa, Juni 22, 2021
Beranda Hukum Media Cokronews.com Gelar Pembekalan Materi Jurnalistik Bagi Wartawann Pemula Dan Pelajar Di...

Media Cokronews.com Gelar Pembekalan Materi Jurnalistik Bagi Wartawann Pemula Dan Pelajar Di Kediri Secara Gratis

Berdikaripos.com | Kediri – Menjadi wartawan merupakan panggilan setiap insan manusia di dunia yang gemar membaca dan menulis,mengabarkan berita yang benar dan dipertanggung jawabkan isi beritanya.Satu ucapan yang disampaikan nara sumber pembekalan meteri jurnalistik di Kantor Koperwil Jawa Timur Media cokronews.com Ruko Cluster Banaran NoloElite Kota Kediri pada Sabtu 8 Mei 2021.

Diikuti belasan wartawan dari berbagai media lain, pembekalan diklat dengan nara sumber Hadi Santoso wartawan senior dari salah satu media di Surabaya berlangsung lancar dan aktif tanya jawab.

Materi diklat yang disampaikan diantaranya bagaimana cara membuat berita sesuai 5W 1 H, Kode Etik Jurnalistik, pengertian wartawan jurnalis dan pers, teknik wawancara.

 

Disampaikan juga apa yang membedakan media pers dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan badan hukum lainnya. “Sama sama berbadan hukum dan legal, mempunyai tujuan yang sama sebagai kontrol sosial tapi berbeda cara kerja dan perlakuan hasil akhirnya”, ucap Hadi Santoso yang didampingi Arifin Editor¬† ¬† salah satu media dari Surabaya.

Dihadiri 2(dua) wartawan pelajar dari Media cokronews.com, Debora Windi Kristade dan Fakta Kurnia Rahma yang masih berstatus sekolah kelas 8 dan 7,semangat hadir dan antusias tanya jawab dengan nara sumber.

“Apa bedanya wartawan dengan detektip (investigasi), pekerjaan yang sama mencari data informasi dari nara sumber?”, begitu tanya Debora ke Pembicara materi. Pembicara diklat dengan tenang memberi jawaban dan pengertian kepada wartawan yang ikut diklat.

Ada hal yang menarik di sesi tanya jawab, kelabilan emosi wartawan saat wawancara menjadi ilmu baru buat yang hadir di diklat jurnalis kali ini.” Wartawan harus tetap tenang dan atur emosi di saat wawancara dengan nara sumber. Fokus keinginan mendapatkan materi berita menjadi hal yang harus diterima dengan segala tanggung jawab kebenarannya.Ini penting”, tegas Hadi Santoso.

Waktu pembekalan tidak terasa cukup singkat. Hasil yang dicapai pengertian dan segala hal materi diterima baik oleh peserta Diklat. Jadwal dilanjutkan dengan diisi kegiatan Buka bersama dan santunan ke anak panti Asuhan Kodim 0809 Kediri beserta yang berjaga bertugas di Makodim. (Sumber : Cokronews.com, Redaksi)

RELATED ARTICLES

Populer