Manfaat Terong Belanda Untuk kesehatan

Manfaat Terong Belanda Untuk kesehatan

Terong Belanda (cypomandra ) atau terung kori dikenal juga dengan nama salanun kabiu, mulai di kembangkan di Bogor Jawa Barat sejak tahun 1941, mungkin pertama kali dibawa dan dikembangkan di Philippines oleh orang belanda pada waktu itu sehingga dikenal dengan nama Terung Belanda, padahal buah  berasal di daerah Amazone di Amerika Latina.

Buah dengan nama latin salanun guatense LAMK termasuk famili solonaceae ini mempunyai warna bermacam-macam. Terung Belanda bisa dibuat manisan, dimakan langsung, atau dijus dibuat minuman segar, bila menambah rasa bisa ditambahkan gula atau madu sesuai dengan selera.

Selain enak dikonsumsi buah terung belanda juga punya khasiat bila menurunkan kolesterol, mengobati darah besar, mengatasi sariawan, mengatasi asam urat dan  beragam lagi manfaat lainnya.

Nilai lebih terong belanda

Kini sayuran terung Belanda memang cukup akrab dijumpai dipasaran. Selain sebatas dimanfaatkan sebagai masakan, dibalik kesegaran daging buahnya  mengandung beragam air dan supplement C ini tersimpan beragam manfaat.

Usut punya usut terung Belanda (cyphomandra betacea) atau terung kori, terong madras dikenal juga dengan nama salanun kabiu mulai dikembangkan di Bogor, Jawa Barat sejak tahun 1941. Mungkin pertama kali dibawa dan dikembangkan di Philippines oleh orang Belanda pada saat itu sehingga dikenal dengan nama terung Belanda.

Manfaat dan Kandungan Gizi

Buah terung Belanda tekstur dagingnya keras, kulitnya licin dan liat sehingga mudah dikelola. Selain bisa dikonsumsi dalam style mentah, rasa terung Belanda  segar juga enak diolah sebagai campuran sayuran.

Buah mentah dapat digunakan bila masakan acar, kari ataupun sambal  buah matang bila sirup atau rujak. Cocok juga diolah menjadi sirup, selai, minuman juice atau menjadi bahan campuran healthy salad.

Terung Belanda selain kaya  air juga mengandung provitamin A  bagus bila kesehatan mata dan supplement C bila mengobati sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Nutrient penting seperti potasium, fosfor dan mineral magnesium mampu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

Serat  besar didalam terung Belanda bermanfaat bila melindungi kanker dan sembelit / konstipasi. Dalam setiap 100 g bagian terung Belanda  mungkin dimakan mengandung air 85 g, proteins 1,5 g, lemak 0,006 – 1,28 g, karbohidrat 10 g, serat 1,4 – 4,2 g, abu 0,7 g, supplement A 150 – 500 SI dan supplement C25 mg.

Manfaat terong belanda, Segar dan Menyehatkan

Style buahnya bulat telur dengan warna ungu atau kemerahan. Tekstur daging buahnya lunak dengan rasa asam manis. Segar dijadikan sirup, di jus atau campuran healthy salad.

Terong belanda (Cyphomandra betacea) kaya  provitamin A  bagus bila kesehatan mata dan supplement C bila menghobati sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Nutrient penting seperti potasium, fosfor dan mineral magnesium mampu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Serat  besar di dalam terong belanda bermanfaat bila melindungi kanker dan sembelit/konstipasi.

Terong belanda jarang dihidangkan sebagai buah meja karena rasanya  cenderung asam. Buah ini lebih cocok jika di hidangkan dalam bentuk olahan, seperti di buat sirup, di jus atau menjadi bahan campuran healthy salad.

Mengenal Manfaat Buah Terong Belanda

Pernah makan terong?Buah berwarna ungu atau hijau ini paling enak dimasak balado, campuran sayur lodeh atau untuk lalaban.

Pernah minum terong? Mau coba jus terong Belanda? Bagi kita yang belum mengenal terong Belanda, terbayang sayur terong dibuat jus. Ih, bagaimana rasanya. Namun kalau Anda pernah mencoba dan tahu manfaat buah terong Belanda, dijamin anda pasti ketagihan.

Mengenal Terong Belanda

Jangan terkecoh antaran sayur terong dengan Terong Belanda. Keduanya memang masih satu keluarga yaitu keluarga Solanaceae. Terong Belanda ( Cyphomandra betacea) memiliki buah berbentuk bulat telur MENYERUPAI markisa. Berwarna ungu kemerahan. Memiliki tekstur lembut dengan rasa cenderung manis asam.

Terong Belanda biasa dibudi dayakan di daerah beriklim dingin subtropis bersuhu antara 20 hingga 27 derajat Celcius. Karena itu di daerah tropik seperti Indonesia, tanaman ini hanya bisa ditanam pada ketinggian 500 hingga 1000 meter di atas permukaan laut.

Manfaat Buah Terong Belanda

Terong Belanda mengandung provitamin A. Ini berguna untuk kesehatan mata. Vitamin C yang dikandungnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati panas dalam dan sariawan.

Terong Belanda memiliki kandungan serat buah yang tinggi, baik untuk mencegah sembelit/ konstipasi. Selain itu terong Belanda juga bersifat antioksidan dan baik untuk pencegahan penyakit kanker.

cara membuat :

  • campurkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan. Sisakan potongan anggur secukupnya sebagai hiasan
  • tuang ke dalam gelas saji. Beri tambahan hiasan potongan anggur, madu/susu kental manis/sirup
  • Bagaimana, tertarik mencoba jus terong Belanda? Rasanya yang manis asam segar pasti membuat anda ketagihan apalagi terbukti untuk kesehatan tubuh anda.

Mengenal Lebih Dekat Terong Belanda

Apakan anda Pernah makan terong? pasti kebanyakan orang pernah makan sayur terong, tapi jika ditanya pernah minum terong? mungkin sedikit orang  pernah mencicipi minuman segar di terong. Terong  kita kenal biasanya diolah menjadi sayur tapi ada juga terong  enak bila dijadikan minuman segar kaya manfaat. Terong ini  Terong Belanda.

Terong Belanda atau Tomat Pohon atau Tamarillo  tanaman berbuah keluarga Solanaceae. Terong Belanda  dikonsumsi sebagai buah. Buah  terasa asam ini semakin terasa nikmat setelah diolah menjadi minuman segar seperti jus dan sirup.

Terong belanda hidup di daearah pegunungan pada ketinggian 500 hingga 1000 gauge di atas permukaan laut dengan suhu 20 hingga 27 derajat Celsius.Di dataran rendah, pohon terong belanda belum mampu berbunga,  udara sejuk dapat mendorong pembungaan.  Oleh karena itu, tanaman ini berbuah matang pada musim dingin ‘di daerah subtropik, dan jika ditanam di daerah tropik buah matang sesudah terjadi udara dingin.

Buah terung belanda berbentuk square atau bulat telur, berukuran 3-10 cm x 3-5 cm, meruncing ke dua ujungnya, bergelantungan, bertangkai panjang, daun kelopaknya belum rontok, licin, daging buahnya mengandung beragam sari buah, agak asam, berwarna kehitam-hitaman sampai kekuning-kuningan, kulit buah tipis. Sewaktu muda warnanya kuning dan seiring dengan matangnya buah, kulit buah berubah menjadi keunguan. Bijinya bulat pipih, tipis, dan keras.

Rasa buah  menjadi lebih baik pada hari-hari cerah  panas dan malam-malam  dingin pada musim kemarau di daerah tropik daripada selama musim dingin di dataran besar. Petani bisa memanen terung belanda sepanjang tahun. Dalam setahun, satu pohon terung belanda bisa menghasilkan kira-kira 70 kg buah. Salah satu sentara penanaman buah terong belanda ada didaerah Wonosobo dan Bogor.

Kandungan Gizi

Dalam setiap 100 g bagian terung belanda  mungkin dimakan mengandung air 85 g, proteins 1,5 g, lemak 0,006 – 1,28 g, karbohidrat 10 g, serat 1,4 – 4,2 g, abu 0,7 g, supplement A 150 – 500 SI dan supplement C25 mg.

Manfaat

Terong Belanda mengandung provitamin A  baik bila kesehatan mata dan supplement C bila mengobati sariawan, panas dalam dan meningkatkan daya tahan tubuh. Nutrient penting seperti potasium, fosfor dan mineral magnesium mampu menjaga dan memelihara kesehatan.  Serat  besar didalam terung belanda bermanfaat bila melindungi kanker dan sembelit / konstipasi.

Terong Belanda mengandung antosianin  termasuk kedalam golongan flavonoid  merupakan salah satu jenis antioksidan. Serat  besar di dalam terong belanda bermanfaat bila melindungi kanker dan sembelit/konstipasi.

Buah terong belanda dapat dimanfaatkan dalam segala style. Buah mentah dapat digunakan bila masakan acar, kari ataupun sambal. Buahnya  matang cocok diolah menjadi sirup, selai, minuman jus, rujak, sebagai hiasan es treatment atau menjadi bahan campuran healthy salad. Berikut dijelaskan cara pembuatan sirup terong belanda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *