Minggu, September 26, 2021
Beranda Daerah Komunitas Jurnalis Muda Lamongan adakan Sharing Jurnalistik, Edukasi Milenial Lamongan Tentang membuat...

Komunitas Jurnalis Muda Lamongan adakan Sharing Jurnalistik, Edukasi Milenial Lamongan Tentang membuat Berita

Berdikari.com | Lamongan – Wujud kepedulian terhadap regenerasi jurnalis, Komunitas Jurnalis muda Lamongan gelar sharing jurnalistik di ruko Perumahan Green Flower Lamongan. Kamis (11/03/2021).

Acara yang diikuti puluhan pelajar dan mahasiswa serta perwakilan komunitas, Organisasi, Pelajar serta Mahasiswa di Lamongan. Dengan mengambil tema membangun bangsa dengan tulisan, Mencetak Regenerasi Jurnalis Lamongan untuk Penerus dimasa depan.

“Komunitas Jurnalis Muda Lamongan adalah wadah Pembinaan bagi Generasi Milenial Lamongan yang Berkeinginan, Minat dan Mau berkarya di bidang karya tulis serta menjadi Jurnalis. Hari ini kita deklarasikan Komunitasnya, semoga Komunitas ini bisa menjadi wadah bersama untuk saling belajar dan Tukar pikiran. Acara ini kita Gelar dengan Gratis tanpa menarik biaya sedikitpun, tanpa Sponsor, dan dengan swadaya bersama. insaallah kita akan turba sebulan sekali atau dua bulan sekali nanti di semua kecamatan ataupun kota lain”, tutur Ketua Panitia Yoyok Suhartono.

Dalam kesempatan tersebut, acara sharing jurnalistik yang digelar bertepatan dengan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini mengajak kepada generasi muda untuk bisa berkarya melalui karya jurnalistik yang baik dan benar sesuai kode etik jurnalistik yang ada, Sesuai kaidah 5W-1H.

Lanjut Kabiro Kabar1Lamongan.com, Yoyok Suhartono mengatakan “Melalui acara ini kami mengajak generasi muda khususnya di Lamongan untuk bisa ikut berkarya dan memahami serta bisa membuat karya jurnalistik yang baik”, Ungkap nya.

Hal Senada dituturkan oleh CEO Media Kabar1Lamongan.com, Ferry Fadli bahwa Kegiatan ini bertujuan memberikan ruang kepada peserta yang mengikuti acara ini, untuk bisa menjadi Kontributor Berita dengan membuat berita yang Positif dan mengangkat tentang hal hal yang ada di lingkungan sekitar desanya, Kampus, Sekolah, atau kegiatan Organisasinya. Karya yang sesuai kaidah karya Jurnalistik, nantinya juga bisa ditayangkan di portal berita Lokal kabar1lamongan.com.

“Saya selaku awak media ingin Berkontribusi untuk Lamongan terutama dalam hal Pemberitaan yang baik, Masih banyak potensi dan hal hal yang ada disekitar kita yang belum terekspose, terjamah atau diangkat terutama disekitar desa kita. nah disinilah (kabar1lamongan) bisa kita ambil, Kaji dan Bahas. Mengemasnya menjadi sebuah berita yang mengedukasi publik. Untuk itu peran aktif kita semua untuk bisa mewujudkannya”, terang pria yang biasa disapa “Frey” ini.

Dalam kesempatan tersebut, Frey juga memperkenalkan website portal barunya dengan nama kabar1news.com untuk portal berita nasional, dengan tagline website nya Berita Terkini Nusantara.

Sementara itu, dalam acara tersebut juga menghadirkan jurnalis jatimpos.co Achmad Bisri untuk memberikan materi seputar cara membuat berita bagi pemula sesuai kaedah jurnalistik. Turut menghadiri juga Kawan Media Online dari Bengawanpost.id, dan kawan Media Berdikari.com serta matamatadot.com

Jurnalis jatimpos.co Biro Lamongan itu juga berbagi ilmu jurnalistik kepada generasi muda Lamongan, tentang bagaimana cara menulis berita yang baik dengan teknik 5w 1H. Cara ini menurutnya adalah cara yang paling mudah dipahami khususnya bagi jurnalis pemula meskipun tidak secara instan.

“Pastikan unsur 5W+1H selalu bisa diterapkan untuk mempermudah membuat berita khususnya bagi jurnalis pemula,” kata Bisri.

Diakhir acara dilakukan tasyakuran Kantor Baru Media Kabar1 serta peresmian website portal baru berita online Kabar1news.com dengan pemotongan tumpeng dan doa bersama. Secara simbol potongan nasi tumpeng diberikan kepada Khafidh Ihyauddin ketua Hipmi Lamongan yang juga sebagai salah satu Perwakilan jajaran dewan pembina di portal media online kabar1lamongan.com ini. (*)

RELATED ARTICLES

Populer

Komunitas Football Traveler Jalin Silaturahmi Lewat Sepakbola

Berdikaripos.com | Lamongan - Gaya baru bermain bola sembari traveling pun diyakini dapat menjadi pilihan bagi pecinta sepak bola yang suka berpergian sambil olahraga....
error: Content is protected !!