Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya untuk Masker dan Shampo

Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya untuk Masker dan Shampo

Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya untuk Masker dan Shampo

Waktu zaman dahulu, nenek moyang telah menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut. Lidah buaya sudah dikenal sejak zaman dahulu kala sebagai tanaman hias yang punya manfaat bagi kesehatan rambut. Bahkan, saat ini  sudah berapa produk kecantikan dari mulai shampo hingga perawatan wajah yang menggunakan ekstrak dari lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Tetapi di luar sana masih banyak para wanita yang bingung, bagaimana sih cara mengolah lidah buaya menjadi produk perawatan rambut alami?Sesungguhnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai dari membuat masker lidah buaya, membuat shampo hingga kondisioner.

Beberapa manfaat lidah buaya:

Lidah Buaya untuk Masker dan Sampo

Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah lidah buaya, cuka apel dan madu. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan tersebut sehingga membentuk adonan seperti pasta. Cara memakainya ialah dengan mengaplikasikan ramuan tersebut secara merata ke seluruh rambut dari mulai akar hingga ke ujungnya. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Selain tidak meninggalkan busa, shampo lidah buaya ini juga tidak akan menyebarkan aroma wangi seperti shampo pabrik. Namun, campuran lidah buaya dan madu merupakan kombinasi yang pas untuk menyehatkan rambut.

Selain shampo, lidah buaya juga bisa kita sebaiknya sebagai kondisioner bila rambut. Caranya, campurkan gel lidah buaya dengan 1/4 cup minyak kelapa asli. Meski terdengar sangat sederhana, namun campuran ini merupakan kondisioner alami  sangat efektif bila menjaga kelembaban rambut.

Kenapa menggunakan minyak kelapa? Kenapa belum minyak zaitun  terkenal lebih berkhasiat dan harganya lebih mahal? Minyak kelapa dipilih karena khasiatnya sudah terbukti pada rambut anak kecil.  minyak zaitun lebih cocok bila perawatan kulit.

Gunakan kondisioner lidah buaya ini seperti Anda menggunakan kondisioner biasa. Setelah itu bilas hingga bersih. Selain shampo dan kondisioner, lidah buaya ini bisa kita buat sebagai masker rambut alami. Tidak perlu bahan tambahan lain, hanya lidah buaya saja.

Caranya, ambil daun lidah buaya   muda namun sudah berukuran agak besar. Kupas kulitnya dan ambil hanya bagian dagingnya saja (yang berlendir). Aplikasikan bagian gel lidah buaya  pada rambut dan kulit kepala secara merata. Biarkan selama 30 menit (lebih bagus bungkus dengan handuk hangat), setelah itu keramas hingga bersih.

Waktu terbaik bila maskeran  painful hari setelah mandi dan malam hari, sehingga Anda bisa membiarkan masker menempel semalaman. Baru pada esok paginya rambut dibersihkan di sisa-sisa masker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *