Kemeriahan Petik Laut Desa Puger Wetan

Kemeriahan Petik Laut Desa Puger Wetan

Ribuan warga masyarakat berduyun duyun dalam menyaksikan acara spektakuler “Petik Laut Desa Puger Wetan” Kecamatan Puger,Kabupaten Jember.

Petik laut Desa Puger Wetan kali ini beda dengan petik laut yang lalu,karena Ratu petik laut yang sesungguh nya hadir,dalam arak arak kan Ratu Petik Laut diiringi Dayang dayang dan pasukan tujuh Jolen.

Telusur demi telusur ternyata Ratu Petik Laut yang sesunggunya berasal dari Desa Puger Wetan,tak lain adalah istri dari Kepala Desa yaitu bernama Dewi Sri Wulandari.Minggu (6/8/2023).

Menurut keterangan Sholihin yang merupakan Sekdes Puger Wetan menjelaskan upacara adat atau Petik Laut merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Puger Wetan yang diperingati setiap tahun pada Bulan Muharram dalam penanggalan Hijriah atau Bulan Asyuro dalam istilah Jawa.

Sesampainya di tempat tujuh Jolen itu diletakkan di dua perahu yang telah disiapkan dan kemudian dilarung ke tengah lautan secara bersama-sama.

Kepala Desa Puger wetan, Kecamatan Puger, Inwanullah menjelaskan, Jolen adalah sesaji yang berasal dari hasil pertanian dan laut. Hasil alam itu disusun menyerupai gunung.

“Ada yang berupa nasi kuning yang puncaknya diberi kepala kerbau dan buah-buahan serta sayur mayur. Hasil laut seperti ikan juga menjadi salah satu bahan pembuatan jolen itu,” kata Inwan.

Dari tujuh jolen itu, ada satu yang akan menjadi rebutan para nelayan saat dilepas ke tengah laut. Jolen ini berbentuk perahu mini, dengan panjang sekitar lima meter.

“Nelayan percaya, siapa saja yang berhasil mendapatkan jolen perahu akan mendapat keberuntungan selama setahun ke depan dalam mencari ikan,” ucapnya.

Menurut inwan, tradisi ini merupakan ritual syukur masyarakat terhadap karunia alam yang melimpah. Harapannya, nelayan dan petani desa setempat mendapat keberkahan sehingga mendapat kemudahan dalam menjalankan aktifitasnya di kemudian hari.

Lebih lanjut lagi “Larung sesaji atau petik laut ini juga dibarengkan dengan sedekah desa. Semoga ke depannya masyarakat di Desa Puger Wetan mendapat berkah yang melinpah.begitu Pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *