Jaksa dan Pegawai Kejari Kabupaten Jember Sumbang 25 Kantong Darah

Jaksa dan Pegawai Kejari Kabupaten Jember Sumbang 25 Kantong Darah

JEMBER – Para jaksa dan pegawai kejaksaan negeri (kejari) Jember meneggelar bakti sosial sedekah melalui donor darah. Total ada 25 kantong darah yang disumbagkan para jaksa da pegawai Kejari Jember dalam acara donor darah sukarela di kantor Kejari Jember jl Karimata Senin, 17 Juli 2023.

Sayangnya, ada 15 jaksa dan pegawai kejaksaan yang tidak bisa melanjutkan donor darah karena tidak lolos screening. Meski demikian, para jaksa dan pegawai Kejari Jember senang bisa membantu sesama dengan menyumbangkan 25 kantong darah ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Jaksa dan pegawai Kejaksaan Negeri Jember yang sudah bersedia sedekah dengan ikut donor darah. Kami ucapkan Hari Adyaksa,” kata Humas PMI Kabupaten Jember Ghufron Evian Efendy.

Dia menjelaskan, para jaksa dan pegawai kejari antusias mengikut kegiatan donor darah dalam rangka peringatan Hari Adyaksa yang sebenarnya jatuh 22 Juli 2023. “Pak Jaksa dan para pegawai, ada juga dari masyarakat umum yang ikut donor darah. Setetes darah yang disumbangkan bisa jadi menyelamatkan sesama yang sedang membutuhkan,” ungkapnya.

Kegiatan donor darah, selain sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan juga banyak memberikan manfaat bagi pendonor. Bagi pendonor rutin maka tensi dan HB darah terkontrol rutin saat screening sebelum donor darah. “Jika tidak lolos maka petugas kesehatan PMI akan memberi tahu tensi dan HB-nya. Tentu petugas juga akan memberikan saran agar tensi dan HB-nya nomal kembali,” terangnya.

Selain itu, juga bisa untuk Mendeteksi penyakit. Darah dari pendonor nantinya akan dites untuk penyakit HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C ada juga hingga malaria. Kemudian akan meningkatkan produksi sel darah. Donor darah bisa meningkatkan produksi sel darah merah, lho. Setelah melakukannya, sel darah memang akan berkurang. Kemudian menjaga kesehatan jantung. Donor darah juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *