Sabtu, Juni 19, 2021
Beranda Daerah Innovasi Desa Kesambi Kecamatan Pucuk Luncurkan Akses Portal Khusus Desa

Innovasi Desa Kesambi Kecamatan Pucuk Luncurkan Akses Portal Khusus Desa

Berdikaripos.com | Lamongan – Wujud Nyata Pemdes Kesambi, Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan dalam hal Innovasi di era 4.0 ini, adalah dengan digitalisasi desa dengan nama website nya : https://kesambi.opendesa.id/ adalah salah satu jalan menuju desa digital, melalui website ini segala informasi tentang desa bisa di akses oleh masyarkat desa kesambi.

Sesuai dengan namanya, Portal khusus desa tersebut adalah sebuah impian yang menjadi nyata, akan keinginan dan tekad untuk menjadi Desa Digital serta diharapkan bisa membantu dan memberi dampak positif bagi desa dalam penerapan Teknologi Informasi, hal ini juga dapat membantu pemdes dalam pendataan permasalahan (saran dan kritik), persoalan yang berkaitan dengan pelayanan dan pendataan administrasi di desa.

Tak hanya itu, Di dalam website desa itu juga terdapat fitur fitur Berita tentang semua kegiatan Pemdes dan Informasi penggunaan anggaran desa secara lengkap, serta Kolom promosi untuk produk umkm asli desa kesambi secara Gratis dan terhubung langsung dengan nomor WhatsApp (wa) nya.

” Nantinya otomatis hal ini bisa menjadi langkah awal untuk menuju Desa Digital, selain publikasi juga bentuk pelayanan inovasi desa kepada masyarakat, melalui website Ini semua masyarakat bisa mengakses segala informasi tentang Desa, dan tentunya juga bisa berdampak di bidang ekonomi”, ungkap Kepala Desa Kesambi Ainun Najib.

Di Era Digital ini dalam pelaksanaannya pemerintahan desa, dituntut untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan ekonomi masyarakat, efisiensi pelayanan, penyediaan informasi publik dan transparansi dalam semua pengelolaan keuangan desa.

Dengan Aplikasi Portal Desa Digital Kesambi.opendesa.id, pemerintah desa dapat melakukan hal-hal tersebut dengan dasar data yang dimiliki desa. Dengan data tersebut desa dapat menentukan arah kebijakan pembangunan demi kepentingan desa dan masyarakat.

“Kita harapkan semua bisa berjalan lebih baik, keterlibatan masyarakat atau organisasi pemuda karang taruna sangat mendukung kesambi menuju desa digital. Nantinya karang taruna akan menjadi partner untuk admin dan bisa update semua kegiatan kepemudaan desa”, jelasnya.

Melalui website desa nantinya kegiatan dan pengembangan BUMDes juga akan terkoneksi dengan UMKM yang ada di sekitar desa kesambi. Pemdes kesambi juga akan selalu mendorong, mensupport penuh untuk perkembangan dan kemajuan ekonomi masyarakat Kesambi. Website ini juga terhubung dengan media sosial (medsos) Facebook dan instagram desa, tinggal klik iconnya.

“Pertama kali usaha dulu kecil dulu, kemudian embrionya kita kita dorong ke depan agar bisa diperbesar. Rencana kedepan BUMDes kita mau bergerak di sektor pertanian dan perdagangan. Untuk sektor pertanian pemdes akan bekerja sama dengan kelompok tani (Poktan), dan ini sudah berjalan.

Dengan adanya website ini pemdes juga berharap akan menumbuhkan kembangkan minat baca di masyarakat, terutama generasi muda desa Kesambi khususnya. yang saat ini di nilai menurun indikator grafisnya.

Seperti yang disampaikan oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi dalam setiap kesempatan untuk menggiatkan minat baca masyarakat utamanya pelajar di Lamongan. Sebagaiman fakta data UNESCO yang menyebut bahwa Indonesia berada pada urutan kedua dari bawah perihal literasi.

Minat baca masyarakat Indonesia yang sangat memprihatinkan ini, hanya 0,001 persen, yang artinya dari 1.000 orang hanya 1 yang rajin membaca.

Hal ini membuat Pemerintah desa Kesambi turut merasa mempunyai andil dalam membangkitkan minat baca masyarakat.

“Melibatkan pemuda itu suatu kewajiban, karena mereka adalah generasi penerus. untuk itu kami ingin dan akan melibatkan pemuda menjadi pendorong percepatan rencana ini, dan kedepan pemdes juga akan menyediakan tempat di balai desa untuk ruang literasi supaya interaksi di kalangan anak-anak dan pemuda, hal ini juga akan menumbuhkan rasa cinta dan lebih mempererat kepedulian sosial antar sesama generasi sehingga menjadikan Kesambi lebih berkembang”, tutup Kades Ainun Najib. (Tim Lamongan, Red)

RELATED ARTICLES

Populer

TNI-Polri Bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Distribusikan Bansos Bagi Warga Terdampak...

Berdikaripos.com | Lamongan - TNI-Polri bersama Yayasan Buddha Tzu Chi dan pemerintah daerah Kabupaten Lamongan menggelar bakti sosial. Bantuan sosial ini berupa beras Sejumlah...