Minggu, September 26, 2021
Beranda Daerah Gelar Ngabuburit Dan Bazar UMKM, AUN Lamongan Ikut Andil Dalam Mensukseskan Program...

Gelar Ngabuburit Dan Bazar UMKM, AUN Lamongan Ikut Andil Dalam Mensukseskan Program Bupati Lamongan “Ayo Beli Produk Lamongan”

Berdikaripos.com | Lamongan – Guna mensukseskan gerakan “Ayo Beli Produk Lamongan” dan memajukan UMKM, AUN (Asosiasi UMKM Nusantara) Lamongan menggelar acara Ngabuburit UMKM dan Bazar aneka produk UMKM, di Sekolah Alam Citra Insani Kabupaten Lamongan, Sabtu (01/05/2021).

Acara Ngabuburit / Sarasehan UKMM ini menghadirkan narasumber diantaranya Satriyo Wibowo – Smart Foundition, Esti Fauziah – Rumah Shorgum Indonesia, Agus Anang Fatoni – Pembina AUN Lamongan dan Ferry Anggriawan – Ketua Umum (Ketum) AUN Lamongan.

Sedangkan Bazar AUN Lamongan menampilkan aneka produk UMKM diantarannya Kripik Rismuwanda, Snack Nigella, Pisang Nona, Seblak Pelangi, Beras Shorgum, Kue Zahira, Opak Ladu 62, Capcita, Susu Murni, Snack Larissa, Peyek Yujum, Tas Emha dan lain – lain.

Ketua Umum (Ketum) AUN Lamongan, Ferry Anggriawan menyampaikan, kegiatan ngabuburit UKMM dan bazar yang merupakan hasil kerjasama dengan Smart Foundition ini, untuk mensukseskan gerakan “Ayo Beli Produk Lamongan” dan memajukan UMKM di Lamongan.

“Terima kasih kepada Smart Foundition atas upayanya menyukseskan gerakan Ayo Beli Produk Lamongan dengan menfasilitasi AUN Lamongan dalam mengenalkan aneka produk UMKM mulai dari snack sampai tas di Bazar Sekolah Alam Citra Insani ini,” kata Ferry Anggriawan saat membuka acara tersebut.

Ditambahkannya, selain bazar, AUN Lamongan juga menggelar Ngabuburit / Sarasehan UMKM dengan menghadirkan narasumber yang kompeten. Hal itu untuk menguatkan komitmen pelaku usaha dalam menyukseskan gerakan “Ayo Beli Produk Lamongan”.

Sementara itu, Satriyo Wibowo, Smart Foundition dalam Sarasehan UMKM ini menyampaikan berbagai hal terkait cara untuk memajukan UMKM, diantaranya branding produk, legalitas, peluang pasar produk UMKM, akses pemodalan pengembangan UMKM dan lain – lain.

“Agar produk UMKM Lamongan bisa diterima pasar baik local maupun internasional, maka harus ada sebuah brand bersama yang dimiliki oleh UMKM Lamongan ini. Seperti DAGADU yang merupakan sebuah merek dagang ikon cenderamata khas Yogyakarta dan merk Krisna dari Bali,”  jelas Satriyo Wibowo.

Masih dalam kesempatan ini, Agus Anang Fatoni – Pembina AUN Lamongan menyampaikan, bahwa visi AUN itu berkomitmen mewujudkan asosiasi UMKM yang berpengaruh dalam menumbuhkan dan membesarkan UMKM di Kabupaten Lamongan.

“Guna mensukseskan gerakan “Ayo Beli Produk Lamongan”, AUN Lamongan harus terus berupaya meningkatkan kapasitas anggota dan membangun sistem dan perilaku yang positif serta mengacu pada prinsip-prinsip manajemen yang modern dalam membina kemajuan UMKM di Lamongan ini,” harap Agus Anang Fatoni.

Agus Anang Fatoni yang juga pemilik SABAYA (Sekolah Alam Surabaya) dan usaha wisata di Mojokerjo dalam ini juga mengajak membesarkan usaha Anggota AUN menjadi suatu usaha yang mempunyai pengetahuan dan ketrampilan untuk membangun sistem bisnis owner yang berkelanjutan.

“Kehadiran AUN ini harus menjadikan produk UMKM diterima pasar secara luas, dan untuk bisa mememenuhi kebutuhan pasar, maka UMKM harus professional dan modern manajemen usahanya,” ungkap pria asal Sekaran lamongan ini.

Dalam kesempatan yang sama, Esti Fauziah, Rumah Shorgum Indonesia menyampaikan pentingnya kualitas dan legalitas bagi produk UMKM yang ingin masuk ke pasar secara luas. Menurutnya, sertifikasi produk itu ada PIRT dari Dinkes, lalu BPOM dan Halal dari MUI serta Izin Merk.

“Agar produk UMKM ini diterima pasar secara luas, minimal kita harus punya sertifikat PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dari Depkes, dan sertifikat lainnya yang berkaitan,” jelas Sarjana Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Penting diketahui, acara Ngabuburit UMKM ini berjalan sangat antusias. Terliat peserta aktif bertanya kepada para narasumber. Mereka berharap dengan menyukseskan Gerakan Ayo Beli Produk lamongan bersama AUN, maka akan membawa kemajuan UMKM di Lamongan.

“Alhamdulillah dengan adanya Ngabuburit UMKM dan Bazar AUN ini, produk UMKM kami seperti Opak Ladu 62 asli Lamongan, dapat dikenal masyarakat secara luas. Untuk itu, Insyaallah kami akan ikuti lagi pameran UMKM pada 05 – 09 Mei 2021 di Alun – Alun Kabupaten Lamongan,” tandas Asmanu, pemilik Opak Ladu 62 bersemangat. (Sumber : Idris, Redaksi)

RELATED ARTICLES

Populer

Komunitas Football Traveler Jalin Silaturahmi Lewat Sepakbola

Berdikaripos.com | Lamongan - Gaya baru bermain bola sembari traveling pun diyakini dapat menjadi pilihan bagi pecinta sepak bola yang suka berpergian sambil olahraga....
error: Content is protected !!