Selasa, Oktober 26, 2021
Beranda Daerah Bupati Bojonegoro Berikan Pembinaan Serta Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa Untuk Pengurus...

Bupati Bojonegoro Berikan Pembinaan Serta Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa Untuk Pengurus RT/RW Di Desa Sarirejo Kecamatan Balen

Berdikaripos.com | Bojonegoro – Bertempat di Balai Desa Sarirejo Kecamatan Balen. Bupati Bojonegoro (Dr. Hj. Anna Muawanah), memberikan pembinaan bagi pengurus RT/RW di Kecamatan Balen. Diharapkan dengan adanya pembinaan serta peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa tingkat RT/RW dapat meningkatkan kinerja di tingkat RT/RW sesuai dengan perundang-undangan.

Pembinaan tingkat RT/RW diikuti oleh perwakilan sembilan desa di Kecamatan Balen, yaitu Desa Kedungdowo, Lengkong, Mulyo Agung, Prambatan, Mulyo Rejo, Sekaran, Pilang Gede, Sarirejo dan Desa Margo Mulyo. Jum’at (17/09/2021).

Bupati Anna juga menyampaikan pentingnya peran serta RT/RW dalam pemerintahan suatu desa, “Lembaga Kemasyarakatan khususnya tingkat RT/RW sangat penting dalam rangka membantu penyelenggaraan pemerintahan dalam tingkat desa. Karena fungsi RT/RW dapat membantu pelaksanaan desa, baik itu pembangunan desa ataupun pembinaan masyarakat sekaligus pemberdayaan masyarakat,” terang Bupati Anna.

Dalam pelaksanaan di desa, keaktifan serta peran pengurus RT/RW dalam membantu pemerintahan desa. Seperti halnya membantu menyediakan data kependudukan dan perijinan.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan di era modernisasi ini, semua berbasis data. Untuk itu, seluruh pengurus RT/RW baik dilingkup desa atau kelurahan, agar dapat fleksibel, karena tugas RT/RW sangatlah penting dalam menyediakan data awal, data yang paling akurat sesuai apa yang terjadi lapangan.

Bupati Anna juga menambahkan, bahwa salah satu program Pemkab Bojonegoro melalui DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Bojonegoro akan menganggarkan bantuan insentif RT/RW Tahun 2021 sebanyak Rp 11, 3 milliar dengan rincian perbulannya Rp 100 ribu untuk tiap RT/RW. “Saya berharap pemutakhiran data pengurus RT/RW segera terselesaikan agar dapat direalisasikan,” pungkasnya. (Biro Bojonegoro)

RELATED ARTICLES

Populer

Semarakkan HDKD 2021 Lapas Lamongan Berikan Layanan Menggunakan Baju Adat

Berdikaripos.com | Lamongan - Dalam rangkaian acara Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021 seluruh UPT Jawa Timur mendapatkan arahan Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur untuk...
error: Content is protected !!