Ar Raihan, Rumah Makan Gratis Untuk Sedekah di Bondowoso

Ar Raihan, Rumah Makan Gratis Untuk Sedekah di Bondowoso

BONDOWOSO JAWA TIMUR — Rumah makan “Ar Raihan” yang lokasinya di depan pom bensin kampung Arab desa Kademangan Kota Bondowoso mempunyai keunikan tersendiri.

Pasalnya rumah makan ini berbeda dengan tempat makan pada umumnya karena semua makanan yang ada disediakan gratis.

Ar Raihan didirikan 4 tahun yang lalu oleh perkumpulan ibu ibu purnatugas/pensiunan juga ibu ibu rumah tangga, dibuka mulai jam 8 Pagi sampai habis.

“Kita awalnya sering berkumpul sesama teman, kala itu sekitar 4 tahun yang lalu. Kemudian kami sepakat untuk menyisihkan uang belanja untuk berbagi nasi bungkus pada hari Jumat. Dibagikan kepada masyarakat di jalan jalan raya yang ramai orang berkumpul,” kata ibu Cicik salah satu penggagas Ar Raihan.

Seiring waktu, pertimbangan usia para pendiri yang rata-rata sudah sepuh, kegiatan turun jalan akhirnya dirubah.

“Kami sepakat untuk tidak lagi turun ke jalan, teras rumah saya disulap menjadi rumah makan. Kita buka jam 8 pagi sampai habis namun rata rata jam 10 sudah selesai,” lanjut Cicik.

Kata dia, setiap hari mereka memasak nasi sebanyak 5 kilogram, dengan menu lauk pauk selalu berbeda beda. “Siapa saja boleh mampir dan menikmati makanan yang disuka secara gratis.” Ujarnya.

Lebih lanjut kata Cicik, ada tata cara untuk menikmati hidangan di warung makan Ar Raihan.

Pertama kita wajib cuci tangan lantas mengambil kupon antri makan gratis untuk diserahkan kepada penjaga warung. Baru setelah itu kita bisa ambil nasi sesuka kita,sesuai porsi kemampuan makan kita.

Kemudian nasi itu kita serahkan ke penjaga warung untuk diambilkan lauk pauk yang kita suka. Sambil menyantap makanan minum gratis kita bisa menikmati lalu lalang kendaraan yang lewat.

Menurut seorang supir taksi, Menhok mengatakan, “Saya tiap hari makan di sini bersama teman-teman para sopir taxi Situbondoan. Apalagi penumpang disaat ini sangat sepi, dengan adanya makan gratis ini kami dan teman teman sangat terbantukan. Terima kasih kepada penggagas warung ini, semoga barokah,”

Siapapun bisa menikmati, Siapapun boleh bersedekah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *