Jumat, Juni 18, 2021
Beranda Daerah Antusias Pemuda Ikuti Tes Komponen Cadangan (Komcad) Di Kodim 0812 Lamongan

Antusias Pemuda Ikuti Tes Komponen Cadangan (Komcad) Di Kodim 0812 Lamongan

Berdikaripos.com | Lamongan – Dalam rangka untuk mendukung program pemerintah Dandim 0812/Lamongan melalui Kepala Staf Kodim 0812 Lamongan Mayor Arh GN. Putu Ardana, S.S memberikan pembekalan dan dukung kepada para pemuda yang antusias mengikuti tes Komponen Cadangan (Komcad) di Makodim 0812 Lamongan, Senin (31/05/2021).

Sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2019 (tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara) Komcad adalah sebuah pasukan cadangan militer atau sebuah organisasi militer yang terdiri dari warga negara dengan menggabungkan peran militer dan karier sipil. Komcad disiapkan untuk melawan ketika suatu negara memobilisasi perang total atau untuk mempertahankan diri dari invasi musuh. Umumnya tidak dianggap sebagai bagian dari suatu badan yang berdiri permanen. Keberadaan Komcad memungkinkan suatu negara untuk mengurangi anggaran militer pada masa damai dan disiapkan untuk perang.

Ratusan personil dari pemuda di wilayah Kabupaten Lamongan yang antusias bersedia mengikuti seleksi sebagai Komcad. Para pemuda ini secara kesadaran sendiri ingin membaktikan dirinya kepada Negara, melalui dengan ikut bergabung dalam Komcad. Para pemuda tersebut terdiri dari pemuda yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Lamongan.

Kegiatan seleksi di tingkat Kodim ini berlangsung dengan harapan supaya bisa memberi arahan dan semangat kepada para pemuda, “Saya selalu memberi arahan dan dorongan serta motivasi kepada para pemuda ini agar tetap semangat dalam mengikuti seleksi, karena kesempatan ini tidak semua pemuda bisa mendapatkannya dan ini salah satu bentuk dari kecintaan tanah air,” tuturnya.

Salah satu peserta seleksi berharap kami bisa diterima dan masuk sebagai Komcad, karena bergabung melalui Komcad adalah sebagai bukti pengabdian anak bangsa menjadi generasi penerus cita-cita Negara dan kecintaan terhadap tanah air. (Pendim0812, Redaksi)

RELATED ARTICLES

Populer